Cara Membuat Sambal Penyet Ayam Tahu Telur Tempe Terenak

Powered by Blogger.

Berry Yoghurt


Tidak jelas siapa pertama kali yang menemukan produk susu yang bergizi ini yang jelas yoghurt telah ada selama 5400 tahun, sejak milenium ke-3 sebelum Masehi.  Yoghurt merupakan hasil fermentasi susu yang dilakukan oleh bakteri fermentasi, hasil akhirnya adalah tekstur dan rasa yoghurt yang khas.  Bakteri yang berperan penting dalam mengubah susu menjadi yoghurt adalah bakteri Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus dan Streptococcus salivarius subsp. thermophilus


Proses pembuatannya sendiri sebenarnya tidak rumit, susu dipanaskan hingga mencapai suhu 80'C untuk membunuh bakteri yang tidak diinginkan sekaligus untuk mengubah struktur protein yang terdapat di dalam susu sehingga setelah fermentasi akan membentuk struktur yang lembut dan bukannya gumpalan. Kemudian susu didinginkan hingga mencapai suhu 45'C. Bakteri kemudian ditambahkan ke dalam susu dengan suhu yang tetap terjaga stabil di 45'C. Selain susu dari hewan ternak, susu kedelai bisa juga diolah menjadi yoghurt, yoghurt dari susu kedelai dikenal dengan soy yoghurt.

Untuk kandungan nutrisinya, yoghurt kaya akan protein, kalsium, riboflavin, vitamin B6 dan vitamin B12. Selain itu yoghurt juga memiliki kelebihan lain dibandingkan dengan susu yang menjadi bahan bakunya. Mereka yang tidak toleran terhadap laktosa bisa mengkonsumsi yoghurt karena proses fermentasi yang dilakukan oleh kultur bakteri mengubah laktosa menjadi asam laktat. Yoghurt juga dipercaya bisa membuat gusi menjadi lebih sehat, kemungkinan karena kandungan asam laktat yang terdapat didalamnya.


Aneka yoghurt dengan variasi rasa saat ini telah banyak dijual di luaran, umumnya yoghurt aneka rasa ini telah dilakukan penambahan gula dan essence agar sesuai dengan selera konsumen. Untuk benefit yang lebih maksimal sebaiknya gunakan plain yoghurt yang terbuat dari susu skim karena rendah lemak kemudian tambahkan aneka buah segar didalamnya. Yoghurt menjadi lebih sehat dan lezat.




Berikut ini adalah resep Berry Yoghurt yang sangat mudah proses pembuatannya dan rasanya... Hmm, so yummy. Untuk buahnya bisa disesuaikan dengan selera anda, disini saya menggunakan strawberry dan blueberry yang dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh dan kulit kita. Jadi selain lezat juga membuat cantik :) 


Berry Yoghurt
Resep hasil kreasi sendiri 

Untuk 2 gelas

Bahan:
- 3 sendok makan penuh plain yoghurt (saya menggunakan Yummy Skim Yoghurt)
- 200 gram strawberry beku
- 50 gram blueberry kering, rendam sebentar dalam air dingin agar lemas.
- 3 sendok makan madu
- 2 sachet gula rendah kalori
- 2 sendok makan susu rendah lemak
- 400 ml air matang

Cara:
Masukkan semua bahan ke dalam blender, tambahkan air. Proses hingga semua bahan halus. Saring jika menginginkan hasil yang halus. Saya tidak menyaringnya karena serat buah strawberry dan blueberry baik untuk pencernaan.

Masukkan ke dalam gelas saji, tambahkan es batu jika suka.  

Enjoy! 

Sources:
Wikipedia, Yoghurt
Wikipedia, Blueberry





 


Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Aneka Minuman / Buah / Yogurt dengan judul Berry Yoghurt. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://caramembuat-sambal.blogspot.com/2010/12/berry-yoghurt.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Wednesday, December 29, 2010

Belum ada komentar untuk "Berry Yoghurt"

Post a Comment