Cara Membuat Sambal Penyet Ayam Tahu Telur Tempe Terenak

Powered by Blogger.

Cara Membuat Mie Kenyal Tanpa Pengenyal

Cara Membuat Mie Kenyal Tanpa Pengenyal
Cara Membuat Mie Kenyal Tanpa Pengenyal


Mie yang baik memang mie yang tanpa bahan pengawet maupun pengenyal yang membahayakan tubuh. Tetapi rasanya gurih dan teksturnya kenyal dan tidak liat. Untuk membuat mie yang kenyal anda bisa pilih satu dari sekian banyak bahan pengenyal. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah jenis-jenis bahan yang bisa membuat mie kenyal :

Air Kie
Pada zaman dahulu, untuk mengenyalkan mie biasa menggunakan bahan ( air kie ). Air kie bisa dibuat sendiri dengan cara membakar merang sampai menjadi abu, tambahkan air dan diaduk. Kemudian diamkan selama satu malam, air bening di atas abu merang adalah air yang mengandung soda abu dan disebut sebagai air kie. Di pasaran banyak dijual air kie yang sidah jadi, tetapi perlu diwaspadai adanya tambahan borax pada air kie yang dijual bebas di pasaran, karena ada beberapa pedagang yang sengaja menambahkan sedikit borax agar hasil mie lebih kenyal padahal borax tidak baik untuk kesehatan.

Soda Kie Bola
Banyak dijual bebas di pasaran, bentuknya berupa bulatan sebesar bola kasti berwarna putih. Kandungan utamanya adalah soda ash (soda abu). Anda patut waspada apabila bahan ini tidak ada certificate food grade-nya.

Soda Kie S
Soda Kie S adalah soda abu ( sodium bicarbonate ) yang ada certificate food grade. Cara pemakaiannya tinggal dilarutkan di air.

Soda Kie P
Soda Kie P adalah soda abu ( sodium bicarbonate ) yang ada certificate food grade. Cara pemakaiannya bisa dikombinasikan dengan soda kie S dengan menggabungkan keduanya.

Selain menggunakan pengenyal kita dapat juga membuat mie tanpa pengenyal tapi teksturnya tetap kenyal. Kekenyalan mie bisa didapat dari putih telur yang ditambahkan sebagai pengganti sebagian dari air yang digunakan untuk memproduksi mie. Selain memberikan kekenyalan, putih telur juga memberikan rasa yang lebih enak dan lebih gurih. Tetapi penggunaan putih telur juga akan menambah biaya produksi. Penggunaan putih telur pada industri mie bisa digantikan dengan Egg White Powder ( tepung putih telur ).

Untuk mengatasi mie yang mudah hancur, bisa ditambahkan CMC ( Carbon Methyl Cellulosa ). Di pasaran, CMC ini ada 2 jenis, yang untuk sabun dan untuk makanan. Bentuknya serbuk, warnanya kekuningan.

Untuk mendapatkan warna kuning pada mie, selain menggunakan kuning telur, juga bisa menggunakan pewarna kuning untuk makanan jenis Tartrazine. Tartrazine bentuknya serbuk , sebelum digunakan dicairkan dulu dengan air hangat. Gunakan secukupnya saja, jangan terlalu banyak.

Peralatan yang digunakan untuk membuat mie yang paling sederhana adalah gilingan mie. Setelah menggunakan alat ini jangan dicuci dengan air untuk menghindari karat. Sebagai gantinya, setelah dibersihkan cukup olesi dengan minyak goreng.
Anda baru saja membaca artikel yang berkategori Tips dengan judul Cara Membuat Mie Kenyal Tanpa Pengenyal. Anda bisa bookmark halaman ini dengan URL https://caramembuat-sambal.blogspot.com/2012/06/cara-membuat-mie-kenyal-tanpa-pengenyal.html. Terima kasih!
Ditulis oleh: Unknown - Monday, June 25, 2012

Belum ada komentar untuk "Cara Membuat Mie Kenyal Tanpa Pengenyal"

Post a Comment